RSS

Pencarian Menggunakan Google

30 Apr

Sebagian besar dari kita atau bahkan semuanya sudah mengenal Google sebagai search engine yang sangat anadal dalam melakukan pencarian. Biasanya dalam melakukan sebuah pencarian kita hanya memasukkan text atau frasa dan kemudian diikuti klik tombol search. Memang dari cara tersebut kita bisa mendapatkan hasil yang akan kita cari tetapi apakah dari cara tersebut kita mendapatkan hasil yang benar-benar relevan dengan apa yang akan kita cari. Nah permasalahan disini adalah bagaimana caranya agar input yang kita cari benar-benar atau mendekati relevan.

Sebelumnya mari kita lihat bagaimana sebuah search engine melakukan retrieve terhadap informasi di dunia internet, terdapat beberapa metode yang digunakan diantaranya :

1. Exact Matching (Boolean)

2. Ranking by similarity to query (vector space model)

3. Ranking of matches by importance of documents (PageRank)

4. Combination Methods

Metode apakah yang digunakan oleh Google? ya yang digunakan adalah metode keempat. Google memang menyediakan teknik pencarian agar kita dalam melakukan pencarian mendapatkan hasil yang optimal dan relevan dengan apa yang akan dicari. Berikut ada beberapa caranya :

1. Untuk menemukan sebuah file kita dapat membatasi pencarian hanya kepada tipe file tersebut dengan mengetik text_pencarian filetype:ext contohnya kita ingin melakukan pencarian tutorial meningkatkan trafik blog dalam format pdf maka ketik tutorial meningkatkan trafik blog filetype:pdf. Pencarian dengan cara ini juga bisa dilakukan dengan filetype lain seperti xls, doc dan lain-lain.

2. Untuk mencari definisi dari sebuah istilah kita dapat menggunakan define:term. Contohnya adalah pada saat kita ingin mencari definisi dari search engine optimization maka dapat langsung mengetikkan define:search engine optimization.

3. Untuk yang berkecimpung di bisnis internet maka diperlukan informasi tentang nilai tukar rupiah terhadap dollar atau sebaliknya maka dapat menggunakan n mata_uang1 in n mata_uang2. Contohnya adalah ketika kita ingin mengetahui nilai 120$ dalam kurs rupiah maka ketik 120 USD in IDR, pencarian seperti ini bisa digunakan untuk mata uang mana saja.

4. Bagi yang hobi menonton film belum sreg rasanya jika belum membaca resensi film tersebut maka bisa digunakan movie:text_pencarian untuk menemukan resensi film yang lengkap. Contohnya jika kita ingin mencari resensi dari film Awake maka dapat mengetikkan movie:awake.

5. Untuk yang rada-rada males dalam melakukan perhitungan maka dapat menggunakan n1 operator n2. untuk dapat melihat list lengkap dari operator dapat dilihat disini Kita juga dapat melakukan perhitungan kompleks seperti menghitung 2log(4).

6. Untuk menemukan informasi secara lengkap daftar dari keseluruhan halaman web dari suatu situs maka dapat menggunakan site:situs.com/net/co.id/info/biz. Contohnya ketika ingin mengetahui keseluruhan halaman web dari situs ini maka dapat mengetikkan site:emfajar.net.

7. Untuk mengetahui atau memeriksa daftar dari situs-situs yang merujuk situs yang bersangkutan maka dapat menggunakan link:situs.com/net/co.id/info/biz. Contoh nya untuk mencari daftar situs mana saja yang link ke situs ini maka dapat mengetikkan link:emfajar.net.

8. Untuk mengetahui situs-situs yang menyajikan informasi buku yang dicari maka dapat menggunakan books tema buku. Contohnya jika kita ingin melakukan pencarian terhadap buku beginning joomla yaitu cara-cara membangun situs dengan CMS joomla maka dapat mengetikkan books beginning joomla.

Teknik tersebut digunakan untuk membantu agar pencarian kita di mesin pencari Google lebih efektif dan lebih mendapatkan hasil yang relevan. Nah dari cara-cara tersebut mungkin dari teman-teman ada yang mau menambahkan lagi teknik pencarian tersebut? Sebenarnya juga ada cara mudah yaitu menggunakan Google Advanced Search tapi kan sebaiknya kita menjadi lebih tahu juga sedikit trik-trik dari pencarian di Google.

Sumber http://www.emfajar.net/tips-and-trick/pencarian-efektif-dan-efisien-menggunakan-google/

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: