RSS

“Harapanku Untuk PLN“

10 Okt

Sebuah judul yang sangat menarik bukan ?…

Dari mulai kita kecil hingga dewasa, kita tidak mungkin lepas dari yang namanya listrik. Seperti saya sendiri, teringat waktu kecil hidup di desa didaerah Cilacap dengan penerangan yang seadanya pada waktu itu (lampu teplok), akan tetapi dengan datangnya listrik (PLN) perasaan saya senang sekali. Listrik yang disediakan PLN memberi harapan baru bagi kami untuk kehidupan yang lebih terang. Bahkan ketika dewasa sekarang, listrik adalah seperti kebutuhan pokok yang mana tanpa adanya listrik seperti tidak adanya “kehidupan”.
Banyak orang yang  “galau” ketika diberitakan dikoran akan adanya pemadaman listrik bergilir besok hari,  sudah terbayang begitu susahnya kehidupan esok hari. Termasuk saya juga, sebagai seorang guru SMP yang bekerja harus dengan listrik bisa terbayang besok pembelajaran menggunakan buku teks dan whiteboard akan terasa sangat menjemukan bagi murid saya. Harapan saya saat itu, semoga pemadaman listrik tidak jadi dilakukan.
Sebenarnya saya memaklumi adanya pemadaman listrik bergilir. salah satu penyebabnya mungkin dikarenakan beban berlebih akibat pemakaian pelanggan yang tidak bertanggung jawab ( misalnya memasang listrik ilegal ). Tentunya hal ini sangat merugikan PLN sendiri dan masyarakat luas. Harapan saya semoga petugas PLN lebih kontinyu melakukan operasi pemasangan listrik ilegal sehingga pemadaman listrik bergilir tidak dilakukan lagi.
Harapan lain bagi saya adalah “mungkinkah PLN” melakukan pembenahan jaringan kabel udaranya setiap waktu sehingga pemandangan kabel-kabel yang semrawut ataupun tiang yang miring tidak terlihat lagi. Sering saya jumpai ketika berangkat/pulang kerja melihat pemandangan ini, banyak kabel listrik yang semrawut dan tiang listrik yang miring malahan mau roboh.
Inovasi terbaru yang kami lihat di PLN adalah adanya listrik Prabayar, yang mana inovasi ini belum maksimal penerapannya. Saya melihat banyak faktor penyebabnya seperti komponen kualitas KWHmeter yang kurang bagus dan keengganan masyarakat untuk beralih ke listrik Prabayar ini. Pernah suatu ketika tetangga saya (listrik Prabayar) kebingungan, ketika KWH meternya bunyi secara terus menerus dan juga ketika akan memasukkan token listriknya tidak bisa. Akan tetapi, seiring perkembangan waktu masalah tersebut bisa diatas. Ternyata ada 2 tipe KWH meter yang ada dimasyarakat sehingga kita harus belajar lagi sebelum menggunakan listrik Prabayar ini. Saran saya, pergunakan satu KWHmeter yang kualitasnya bagus dan perbanyak lokasi penjualan Token listriknya dan awasi petugas yang akan melakukan pemasangan listrik.
Terima kasih yang sangat besar kami ucapkan atas pembaharuan yang dilakukan oleh PLN seperti adanya fasilitas info billing lewat email. Saya sangat terbantu dengan adanya fasilitas ini, kita bisa mengecek berapa tagihan berjalan listrik dirumah kita perbulan. Dan juga bentuk kerjasama PLN dengan pihak lain untuk memudahkan pembayaran listrik seperti  dengan Alfamart ataupun waralaba lain.
Harapan terakhir saya semoga PLN semakin berkembang seiring perkembangan zaman dan tidak akan ada lagi pemadaman listrik bergilir.
Terima kasih atas kesempatannya dan sukses selalu untuk PLN
 
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 10 Oktober 2012 in Lain - lain

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

 
